Anak Durhaka (Suatu Hal Yang Harus Dihindari)

MediaMuslim.Info – Ada seorang anak lelaki tunggal, hanya saja mulutnya suka bicara kotor dan kasar. Dia selalu melemparkan celaan dan mengumpat orang tuanya tanpa memperhatikan perasaan mereka, sering durhaka, dan meremehkan ajaran agama Islam. Bahkan, tidak pernah taat atau memuliakan keduanya. Selalu saja menyakiti hati dengan kata-kata yang pedas. Kedurhakaannya semakin meningkat setelah ayahnya meninggal dunia. Ia berhati kasar terhadap sang ibu. Ibunya yang menderita ini selalu saja menyampaikan nasihat kepada anak tunggalnya agar tidak berkawan dengan teman-teman yang buruk akhlaknya karena mereka itulah yang menyebabkan anak tunggalnya jauh dan ajaran agama, tidak berakhlak mulia, ketinggalan pelajaran, dan sifat jelek lainnya. Namun, anak tunggal ini tidak pernah mendengar nasihat ibunya. Bahkan, melemparkan kata-kata menyakitkan yang keluar dari hati yang keras membatu. Jika ibunya tidak berhenti menasihatinya, maka ia mengancam akan lapor kepada paman-pamannya agar mereka memberi pelajaran kepada ibunya. Namun, ia malah mencela paman dan bibinya, padahal ia telah berumur 24 tahun. Usia yang tidak seorang pun bisa mengendalikan keinginannya sebab ia dapat melawan siapa saja.

Semakin hari ia semakin durhaka kepada ibunya dengan melemparkan kata-kata kotor dan menyakitkan. Suatu hari saat setan telah berhasil menguasai nafsunya, ia mengambil sandal dan melemparkannya ke arah ibunya tanpa perasaan dosa atau bersalah. Sandal itu tepat mengenai punggung si ibu. Kemudian, si ibu menangis dan menyesali nasibnya. Saking sakitnya, si ibu menyumpahi anaknya, walaupun dengan bercucuran air mata. Pada tengah malam anak yang durhaka itu baru pulang ke rumah setelah bermain-main dengan kawan-kawannya yang jahat, lalu masuk kamar dan tidur pulas.

Keesokan harinya, ketika ia bangun tidur, tiba-tiba ia tidak dapat menggerakkan tangan kanannya…. Tangan yang diguna­kan untuk melempar ibunya dengan sandal. Ya benar, sama sekali tangannya tidak dapat digerakkan!! Tangan kanannya lumpuh. Kemudian, ia menutup pintu kamar tidurnya dengan keras dan menangisi nasib dirinya atas perbuatan dosanya ter­hadap sang ibu. Mengetahui musibah yang menimpa anak tung­galnya, si ibu merasa kasihan karena tidak bisa berbuat apa-apa, lalu beliau mendoakan agar Alloh memberi kesembuhan kepada anak tunggalnya.

Bagaimana bisa terjadi sehingga anak itu tega melempar ibu kandungnya dengan sandal? Sesungguhnya manusia yang paling bodoh sekalipun tidak mungkin melakukan perbuatan dosa seperti itu. Hal tersebut tidak dilakukan manusia terhadap binatang kesayangannya karena belas kasih! Sudah hilangkah ajaran agama dan hati nuraninya?

Padahal Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah melarang hamba-Nya untuk berkata “ah” kepada kedua orang tuanya, dan agar berlemah lembut dan sopan-santun terhadapnya. Bagaimana nasib seseorang yang berbuat dosa terhadap kedua orang tuanya, seperti, melemparnya dengan sandal? Apakah mungkin dikatakan ia masih memegang nilai-nilai Islam? Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: ”Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu-bapaknya. Ibunya mengandungnya dengan susah-payah dan melahirkannya dengan susah­ payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya ada­lah 30 bulan sehingga apabila dia telah dewasa dan umur­nya sampai 40 tahun, ia berdoa, ‘Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada Ibu-bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang salih yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. “ (QS: Al-Ahqaf: 15)

(Sumber Rujukan: Kama Tadinu Tudanu)

24 Tanggapan to “Anak Durhaka (Suatu Hal Yang Harus Dihindari)”

  1. PRIMADONA, ST Says:

    bagaimana anak yang tumbuh kasar adalah hasil dari didikan orang tuanya yang sering memaki anaknya karena tidak sesuai dengan keinginan beliau. Orang tua dengan tanpa perasaan bersalah memaki anaknya dengan alasan orang tua tidak akan berdosa melakukannya karena dia telah susah payah melahirkan dan membesarkannya…..

  2. Keluarga Muslim « 4w3z Says:

    [...] Anak Durhaka (Suatu Hal Yang Harus Dihindari) — 1 comments [...]

  3. epa Says:

    memang seharusnya kita menjauhi sifat durhaka, Ridho Allah tergantung pada ridho kedua orang tua.

  4. Sarina Says:

    Saya semasa dibesarkan selalu di pukul bantai, mempunyai ibu tiri yang selalu memaki hamun. Walau demikian, sifat hormat kepada ayah sendiri tetap ada. Tak semua kesalahan anak anak yang durhaka datang nya dari sikap ibu bapa yang tak pandai mengasuh anak dengan baik.

  5. midefa Says:

    semoga Alloh SWT slalu melindungi kita dan keturunan kita dari kedurhakaan.Amin. memang tidak mudah dalam mendidik anak. kita berdoa slalu pd ALLOH.SWT……

  6. Rheza Rhamansyah Says:

    Kita berharap semua Mudah-mudahan kita diberikan
    anak yang berbakti dan saleh-saleha kepada orang tua
    AMIIINNN =)

    dan jangan kita menduhakakan anak kita!!!

  7. Anak Ibu Says:

    bagaimana kalo ada orang tua yang mengatakan kalo beliau menyesal telah melahirkan anak seperti (aku) misalnya..
    Lalu aku mesti menjawab apa?
    Toh aku juga ga pernah minta dilahirkan.
    Bagaimana kalo kesalahan ada dipihak orang tua..
    sepereti memberi contoh yang ga baik (mabuk judi)
    apa yg harus dibuat anak?
    batas durhaka itu sampai mana dalam situasi seperti ini?

  8. kyky Says:

    bagus sekali, namun apakah termasuk anak durhaka jika tidak memenuhi permintaan orang tua untuk hal yang tidak terlalu penting atau bukan hal yang dianjurkan agama, maksud saya, mendampingi ibu (bapak tidak ada) di atas pelaminan pada pernikahan mewah seorang saudara laki-laki untuk menggantikan peran ayah(almarhumah), padahal itu bertentangan dengan nurani anak, selain si anak tersebut sudah beristri, dan belum bisa membahagiakan istri dengan sebuah pernikahan yang lebih baik, juga menjaga perasaan sang istri yang sudah lama menderita batin, karena perlakuan keluarga sang suami, bagaimana??Tolong saya membutuhkan jawaban segera. Terimakasih.

  9. Azis Says:

    anak durhaka???
    ku kurang faham mengenainya…
    anak durhaka itu yang selalu berbuat hal-hal yang bisa menyakiti orang tuanya???
    apa itu benar???
    sekarang contoh…
    si a dan si b.
    si a adah seseorang mempunyai teman deket namanya si b, kemudian si a itu mengolok-olokan atau menghina orang tua si b karena si a sakit hati kepada si b…
    apa itu juga termasuk anak yang durhaka???
    tolong kasih penjelasan atas semua pertanyaan di atas, trus kirim ke email saya…
    milan_iez@yahoo.co.id

  10. Nene Says:

    ibu gw selingkuh. Trus gw benci bgt sama dia. Gw sering bgt ngeremehin dia. Tp kan dia jg yg salah. Udh gitu dia kalo ngomelin gw lebay banget. Padahal kesalahn gw jg sepele gitu. Cm yg kaya lg males masuk sekola atau lg males masuk les. Dia ampe blg anggep ibu udh mati. Berlebihan banget kan?. Kaya gw ngelakuin kesalahan apa aja gt. Kalo mslnya gw udh ngobat, free sex atau apa baru gw terima diomelin lebay. Pdahal dia juga sering bolos kuliah, yg cm sekali dalam seminggu. Gw mah tiap hri, capek jg kan Hmm. Gw rasa si ibu gw udah capek kali ya, diporotin ama selingkuhannya, disebelin ama orang2 jg, sodara gw aja jarang ada yg suka sama dia, udh gt dia sama bokap gw emg dari dlu ga akur ya gara2 selingkuh. Ibu gw selingkuh dr gw umur 5 thn ampe skrg umur gw 16 thn. Tp bokap gw sabar kan? Gw sayang bgt sama bokap gw. Ibu gw si emg deh lbh bnyak ngehaslin uang. Tp gara2 itu dia jdi sok. Hmm gw sayang sm ibu gw, gw benci bgt sm sodara gw yg ngomongn ibu gw. Tpi kan ibu gw emg nyebelin tau. kalo skrg si gw udh diem aja, udh capek bgt gw. Gmana engga coba, ngelakuin salah dikit dia ngomelnya bnyak bgt. Nasehatin jgn selingkuh, dia ngomel lagi. Trus dia jg sering bgt ngambil hati sodara gw. Dia jg sering diporotin ama sodara gw. Sok nraktir ini lah, ngasi hadiah lah, angpau lah. Gw? Sumpah ya gw cm dikasi duit ongkos sekolah sm ongkos les. Selebhnya nothing. Uangnya dia cm ke selingkuhan dan sodara2nya dia, yg jelas2 ngomongn dia dibelakang. Kasian bgt ibu gw ga ada yg nyukain sifatnya. Tapi dia emg gtu si, nyebelin gtu. Kalo gni pasti gw diblg durhaka deh? Haduh mau gmana lgi. gw jg serba salah lagi. Gw jg ga pernah mau kalo dsurh ama ibu gw. Keingetan selingkuhannya. Gw kesel. Apa lagi kalo ngeliat ibu gw sok kaya didepan sodara gw tiap hri padahal tiap hri jg sodara gw nyela ibu gw. Hmm hmm hmm bedon bgt ya ibu gw. Sodara kaya gt didahuluin dr gw. Ydh lah gw jg udh tau lah nyokap gw udh gede, dia pasti tau perbuatannya itu dosa gede. Dan gw jg udah capek ngeblangnnya. Sifat gw sama bgt sama sifat dia keras. Tapi ibu gw lebay. Gw plg ga suka ngomong, kalo diomelin sm ibu gw. Gw lbh suka nangis, trs ngomong dkt bgt kaya ‘apaan si’, ‘ga tau’, ‘terserah’, dan ‘ga tau deh’. Ya gw tau lah perbuatan gw itu durhaka. Tapi tapi tapi gw cuma cuma cuma pengen apa ya bahagia deh itu yg penting si. Bahagia dunia akhirat.

  11. dini azizah Says:

    parah banget itu anak berani ngelempar ibunya pake sendal
    kalo w yg jadi dia , w gx akan berani ngelempar nyokap w sendiri pake sandal……
    coz , ibu yg udah ngandung kita dengan susah payah selama sembilan bulan & ibu juga yang udah ngejaga kita supaya kita selalu ada di jalan yang benar……!!!!!!
    and karna surga itu masih ada di bawah telapak kaki ibu kita!!!!!!!……..

  12. tukang mabok Says:

    tau ah gelap

  13. asep setiawan Says:

    terima kasih atas ceritanya,semoga ini menjadikan pengalaman buat saya dalam mendidik anak.

  14. mama manja Says:

    salam,pada saya,kalau mahukan anak hormat atau kasih pada kita(ibubapa) khasnya,semestinya kita kena berbuat baik pada mereka,kalau mereka buat perkara yg salah,harus ditegur dan dididik bukan diherdik,kerana begitulah arwah ibubapa saya lakukan kepada kami semua.

  15. Raden Maimunah Says:

    anak adalah kertas putih saat di lahirkan, kalau orangtua mengambarnya dengan warna biru ia akan menjadi biru, dan gambar yang ada pada anak itu menurut gambar yang di berikan oleh ibu, makanya untuk menjadi seorang ibu harus memiliki kebijakan, ke arifan kasih sayang dan juga kata-kata yang lembut, kesalahan tidak seluruhnya pada anak, tapi tidak juga pada orangtua, makanya jadi orangtua jangan suka ngomelin anak melebihi porsi keslahan anak, dan juga memarahi anak balita tidak sama dengan memarahi anak yang sudah bernajak dewasa, kasih sayang anak terhadap orangtua atau sebaliknya itu tidak terjadi seketika, membuthkan proses dan waktu yang panjang serta perlahan, yang di rajut dari hari kehari, jika kekasaran yang kita sodorkan pada anak sepanjang hidupnya, jangan pernah menyesali kekasaran anak kepada kita sebagai orangtuanya jika ia sudah besar nantinya, saya berharap orangtua jangan selalu menyalahkan anaknya, coba introspeksi diri sendiri, meskipun orangtua kita bukan malakat yang tidak memiliki kesalahan, karena kesalahan bagi manusia tetap ada.

  16. nining yusriani Says:

    seandainya saya mempertahankan sesuatu demi agama apakah itu termaksud durhaka kepada orang tua ……, ya ?

  17. bie_bhy Says:

    duch .. ..tU anx gk pny otak bget. . . .
    pdhal kn ibhu ny bniat bAek bget ma dy,eh dy mlh nglempar ibuny pke sndal,
    mank gla tU ank

  18. halmah Says:

    memang tidak mudah menjadi seorang ibu, apalg sprt sy, sy punya 2 org anak suami dari almarhumah istrinya. kami sudah sepakat tdk adakata”tiri ataukandung” krn dlm agamapun tdk ada istilah ibu kandung atau tiri, yg ada hanya ibu. Ya Allh, jagalah lisanku agar tidak pernah keluar kata sumpah dr mulutku ini.krn sebaik apapun aku berbuat, tetap dinding diantara kami tetap ada. Semoga Allah membuka hati anak2ku utk menyayangi aku,spri ia menyayangi almarhumah ibunya, amiiiiiiiiin.

  19. agung dork Says:

    astagfirullah al’ajim!!
    Ank ky gtu calon neraka
    mang kita skrg gak tao neraka ky gmana..tetapi ”lao kita sudah menjadi mayat dan ‘ di dunia banyk-banykn !!
    Do’sa baru kita tao neraka!!
    Banyk lah amal karna itulah yg menuntun mu ke jalan yg benar/ surga !!
    Jagalah mulut macan mu.
    Karna setiap kata adalah doa !!

    ALLAH HU AKBaR !!
    4jj ‘

  20. udah tobat Says:

    ampunilah dosaku

  21. aries rizky Says:

    w mau nanya ni,,
    slah mna orang TUA / anak’y ,,
    misalkan anak’y karna baru pulang kerja masuk mlm pulang pagi,
    tau” pas nyampe d’rmh d’marahin sm sang ibu,
    karna sang ibu membela ank bontot’y,
    lalu sang anak tidak dpt menahan emosi, & akhir’y ngelawan,,
    TOLONG D’JWB Y?..nak’y karna baru pulang kerja masuk mlm pulang pagi,
    tau” pas nyampe d’rmh d’marahin sm sang ibu,
    karna sang ibu membela ank bontot’y,
    lalu sang anak tidak dpt menahan emosi, & akhir’y ngelawan,,
    TOLONG D’JWB Y?..

  22. veren lafianca Says:

    yg smpai anak kita seperti yg ad di atas itu amin….

  23. jelita marbun Says:

    Sungguh keterlaluuan anak sep itu.Dan buat teman2 smua inilah suatu gambaran buat kita supaya kita hormat pada orang tua.

  24. ani Says:

    Saya punya adik laki2 berumur 24 tahun, sudah bekerja dan jd karyawan tetap di pt.angkasa pura sebagai security namun tidak mau menyelesaikan kuliahnya yg hanya tinggal menyelesaikan skripsinya dan wisuda,karena dia beranggapan bahwa kelak gelar yg dia miliki itu tidak akan mempengaruhi pekerjaannya. Dia merasa beranggapan bahwa kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan mencari gelar, sementara ilmunya sudah sia dapatkan. Padahal ibunya sangat ingin dia menjadi seorang sarjana, meskipun adik saya itu sudah bekerja. Setiap kali ibu saya mengutarakan keinginannya agar adik saya itu menjadi sarjana, dia selalu menolaknya, bahkan tak jarang mengeluarkan kata2 yang mebuat ibunya sedih. Apakah yg harus dilakukan ibu saya, apakah adik saya itu tergolong anak durhaka?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: