Waspadalah !!! Saudara Ipar Adalah Maut

MediaMuslim.InfoPada pembahasan kali ini, kita mencoba menukilkan penjelasan singkat mengenai Saudara Ipar dalam syariat Islam khususnya antara Saudara Ipar yang berbeda jenis kelamin.

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya: Ada seorang wanita yang  tinggal besama saudarinya yang telah bersuami. Tatkala bersama saudara iparnya, ia tak berhijab. Bila diingatkan tentang hal itu, ia berdalih, bahwa ia dengan iparnya adalah mahram muaqat (mahram sementara) sehingga boleh lepas hijab.

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin  menjawab: Ada syubhat (ketidak pahaman) pada wanita tersebut. Ia beranggapan, bahwa seorang ipar, yang terlarang menikahinya selama masih (berkeluarga) dengan saudara kandungnya, termasuk mahram, (walau) mahram mua’aqat (mahram sementara).

Pemahaman begitu salah. Sesungguhnya, mahram ‘ila amadin’ (mahram temporer) itu bukanlah mahram. Hendaknya ia diperlakukan sebagai halnya ‘ajnabi’ (seseorang yang tidak terikat dalam mahram), hanya saja ia tidak boleh dinikahi secara bersama-sama. Yakni, adik dan kakak keduanya dinikahi (jam’u baina ukhtaini, -penj-.)

Sesungguhnya mahram (hakiki atau abadi) itu disebabkan nasab, dan lantaran hal yang mubah. Maksud karena nasab yaitu karena keturunan karib kerabat. Sedang maksud karena yang mubah yaitu karena kekeluargaan melalui perkawinan atau persusuan. (baca Firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala. An-Nisa: 22 -23)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. yang artinya: “Jangan kamu sekalian masuk ke dalam (ruang) wanita. Mereka  bertanya, “Ya Rasulullah bagaimana dengan saudara ipar?”. Rasulullah  menjawab, “Saudara ipar adalah kematian” [Hadits Riwayat Ahmad, Tirmidzi,  Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 2677].

Berdasarkan ini, maka kami katakan kepada saudari penanya, bahwa temannya yang bincang-bincang dengan iparnya dengan tanpa memakai hijab, dan ia menyatakan, bahwa antara dia dan iparnya adalah ‘mahram muaqat’ (mahram sementara), sesungguhnya perkataan itu salah.

Mahram disini bukanlah mahram sementara, karena yang dilarang/diharamkan adalah mengumpulkan istri dari dua bersaudara seperti firman Allah di atas. Dan bukan yang diharamkan untuk menikahi saudara istri sebagaimana difahami oleh teman penanya.

(Dikutip dari: Fatawa Al-Usrati wa Khoshotan Al-Mar’ah, dengan penambahan editorial)

About these ads

9 Tanggapan to “Waspadalah !!! Saudara Ipar Adalah Maut”

  1. Keluarga Muslim « 4w3z Says:

    […] Waspadalah !!! Saudara Ipar Adalah Maut […]

  2. mardiko Says:

    Terima kasih ya..,
    saya sempet bingung mengenai masalah ini

  3. eri Says:

    mau nanya nich, klo antara saudara/saudari dari istri dan saudara/saudari dari suami boleh nikah nggak yaa????
    mohon jawabannya

  4. midefa Says:

    perlukah kita memakai jilbab pada adik ipar???dan umur berapa batas laki2 yang boleh melihat kita berjilbab?(maksudnya anak kecil)

  5. zufnilahmad Says:

    ass..
    jadi bolehkah kita masuk ke kamar ibu dan adik perempuan kita pada saat mereka tidur????
    dan bagai mana cara yg baik masuk ke kamar mereka???

  6. radian Says:

    mksud saudara ipar kematian apa yaa ?
    saya msih bngung .

  7. Sukmih Thamrin Himmah Says:

    smoga ALLAH melindungi qta semua dri segala perbuatan2 dosa….
    syukron atas tulisannya….

  8. widya Says:

    Apa hukumnya membiayaii sekolah adik, dan mengajaknya tinggal bersama meski sudah berumah tangga (Ayah dan ibu masih ada)

  9. widya Says:

    Bagaimana cara mensikapi suami yang terlalu sayang terhadap adik perempuannya, shg sering menyebabkan pertengkaran suami – istri, karena sang adik jika salah ditegur istri, suami selalu membela.tmks


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: